Pengertian Jaringan Komputer

Pengertian Jaringan Komputer

                     Pengertian dari jaringan komputer adalah Sekumpulan komputer , serta perangkat-perangkat lain pendukung komputer yang saling terhubung dalam suatu kesatuan . Median jaringan komputer dapat melalui kabel-kabel atau tanpa kabel sehingga memungkinkan pengguna jaringan komputer dapat saling melakukan pertukaran informasi , seperti dokumen dan data , dapat juga melakukan percetakan pada printer yang sama dan bersama-sama memakai perangkat lunak yang terhubung dengan jarngan . Setiap komputer, ataupun perangkat-perangkat yang terhubung dalam suatu jaringan disebut node. Dalam sebuah Jaringan Komputer dapat mempunyai dua, puluhan, ribuan atau bahkan jutaan node .



Dengan adanya LAN ( Local Area Network ) dapat memberikan banyak keuntungan bagi pemakainya seperti penggunaan bersama suatu peralatan seperti printer serta berbagai aplikasi komputer , pertukaran file-file di anatar pemakai yang terhubung di dalam jaringan, dan juga bisa digunakan untuk berkomunikasi antar pemakai melalui mail elektronik atau aplikasi lainnya .


Sistem jaringan koputer yang mencakup wilayah yang lebih luas maka dikenal istilah Internetwork yaitu merupakan suatu kumpulan jaringan-jaringan individu yang terhubung melalui peralatan Intermediate Networking yang lebih luas lagi .


Topologi logic dari LAN terdiri dari 4 macam yaitu Bus, Star, Ring, Tree. Topologi fisik jaringan tidak selalu mengikuti topologi logicnya, misalnya  untuk jaringan memakai topologi bis dan ring secara fisik biasanya di susun berdasar topologi fisik star. Jaringan Lan berbasis Ethernet memakai topologi bus jadi secara fisik dapat memakai topologi fisik bus atau star sedangkan Jaringan LAN berbasis Token Ring dan FDDI memakai logic ring jadi secara fisik dapat diimplementasikan dengan topologi star dan ring .

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Hack Pasword Biling Explorer

Tutorial Download Mp3 Dengan Link Youtube

KOMPUTER